Bicara tentang Garam sangat esensial bagi tubuh kita, karena berfungsi untuk mengatur asupan air dan penting untuk mengatur fungsi otak dan saraf.

Kekurangan garam bisa memicu kondisi berbahaya, Terlalu banyak mengkonsumsi air akan menguras kadar garam dalam tubuh dan bisa memicu timbulnya penyakit bernama Hyponatremia.

Oleh sebab itu Anda harus mengenali terlebih dulu jenis  garam supaya efektif berfungsi dalam TUBUH;

Garam beryodium

Garam yang berada di- dapur biasanya disebut Garam  Dapur dan sering diperkaya dengan yodium yang penting bagi pencegahan tiroid.

Garam ini yang paling cepat larut dalam makanan, sehingga membuatnya ideal bagi sebagian besar kebutuhan memasak dan memanggang .

Tips untuk Anda; gunakanlah garam ini dengan ukuran yang tepat sama dan dalam air pasta supaya Anda mendapatkan yodium dalam garam.

Garam kosher

Garam ini banyak digunakan oleh para chef profesional karena lebih datar, ringan, dan pipih. Dan bentuk butiran garamnya yang tidak sama rata menambahkan sedikit kerenyahan pada makanan.

Anda bisa menggunakan garam ini pada makanan namun kandungan yodiumnya lebih rendah per satu sendok teh ta/karan umumnya

Garam laut

Butiran garam yang lebih besar pada garam jenis ini artinya rasa yang lebih kaya namun sodium lebih rendah.

Tapi, Anda sebaiknya tidak menggunakan garam ini untuk masakan sehari-hari karena tidak mudah larut sehingga bisa menyebabkan masalah pada rasa dan tekstur masakan Anda.

Meski begitu, Anda bisa menggunakannya untuk garnish sup, salad, atau kukis chocolate chip.

Garam rendah sodium

Natrium klorida (garam) bisa terpotong oleh kalium klorida, sebuah mineral yang terasa asin tapi menjadi pahit ketika dipanaskan. Sebagian besar orang bisa menggunakan lebih banyak kalium, tapi mereka yang dalam pengobatan tekanan darah harus menghindarinya.

Tips ; Untuk memangkas sodium, sebaiknya kocok bersama makanan dan jangan memasaknya.

Nara sumber :

wikipedia.org

Advertisements